Mesin ( Engine )
Motor/Engine/Mesin adalah Suatu alat yang mengubah tenaga panas, listrik, air dan menjadi tenaga kinetik. Sedangkan Motor yang mengubah tenaga panas menjadi mekanik disebut motor bakar. Motor bakar dibagi menjadi Motor pembakaran dalam (Internal Combustion Chamber) dan Motor pembakaran luar (Eksternal Combustion Chamber), Sedangkan Motor besin dan diesel termasuk pembakaran dalam karena tenaga panas dihasilkan di dalam motor itu sendiri.
Mesin (Engine) pada mobil merupakan pembagkit tenaga gerak. Pada umumnya mesin yang digunakan pada mobil merupakan mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine) yang menggunakan gerak bolak-balik piston (reciprocating piston) dalam pengubahan energi bahan bakar menjadi tenaga gerak. Lebih khusus lagi, mesin pembakaran dalam umunya digunakan pada mobil adalah jenis mesin besin (gasoline engine) dan mesin diesel (diesel engine). Gambar potongan kedua jenis mesin tersebut ditunjakkan pada gamabar 1.1.
Mesin bensin Mesin diesel
Gamabar 1.1 Mesin
Mesin bensin dan mein diesel memeliki karakteristik yang berbeda, yaitu sebagai berikut :
Karakteristik mesin bensin:
- kecepatannya tinggi dan tenaganya besar;
- mudah pengoperasiannya;
- pembakarannya sempurna;
- umumnya digunakan sebagai mobil penumpang, mobil truk kecil, dan sebagainya.
Karakteristik mesin diesel:
- efisiensi panasnya tinggi;
- bahan bakarnya hemat;
- kecepatannya lebih rendah dibandingkan mesin bensin;
- agak berisik karena getaranya besar;
- harganya lebih mahal;
- umumnya digunakan untuk kendaraan jarak jauh (kendaraan niaga, truk besar dan sebagainya).
Komponen Mesin ini digabungkan dalam suatu mesin yang melakukan proses kerja atau unjuk kerja, yaitu mesin 4 langkah dan mesin 2 langkah (Four Stroke Engine dan Two Stroke Engine). Berdasarkan cara kerja mesin ini, maka dikenal sebagai berikut:
- Mesin 4 langkah (Four Stroke Engine)
- Mesin 2 langkah (Two Stroke Engine)
- Gerak lurus piston : Piston yang ada diselinder mesin bergerak lurus dari titik mati atas (Top Death Center/TDC) menuju titik mati bawah (Bottom Death Center/BDC).
- Gerak Melingkar poros engkol : Salah satu tangan utama dari mesin adalah poros engkol (Crankshaft). Dimana komponen ini bergerak berputar atau Melingkar diruang engkol (CrankCase).
Gambar gerak lurus Piston
Terima kasih telah membaca artikel saya tentang Pengertian Mesin dan Prinsip Kerja Engine sekian dari saya terimaksih.
No comments:
Post a Comment