Bisa dioperasikan di jalan raya
Sampai Pada awal tahun 2012, jumlah kendaraan listrik yang diproduksi massal yang tersedia didunia masih terbatas. Kebanyakan mobil listrik yang tersedia ini adalah kendaraan listrik jarak dekat (neighborhood electric vehicle, NEV). Pike Research mengestimasikan ada sekitar 479.000 NEV di dunia saat ini. Kendaraan NEV yang paling laris adalah Global Electric Motorcars (GEM), yang sampai bulan Desember 2010 telah terjual lebih dari 45.000 unit sejak pertama dijual tahun 1998. Dua pasar NEV tersebar di dunia pada tahun 2011 adalah Amerika Serikat (14.727 unit) Perancis (2.231 unit).Mobil listrik paling laris di dunia yang bisa dioperasikan di jalan raya saat ini adalah Nissan Leaf. Mobil ini telah terjual sebanyak lebih dari 27.000 unit sampai April 2012. Mitsubishi i-MiEV, di peringkat kedua, telah terjual sebanyak 17.000 unit di seluruh dunia sampai bulan Oktober 2011. Di Perancis , i MiEV dinamai Peugeot iOn dan di negara Eropa lain, dijual dengan nama Citroen C-ZERO. Jepang dan Amerika Serikat adalah pasar terbesar bagi mobil-mobil listrik di dunia, diikuti dengan beberapa negara Eropa. Di Jepang, sudah terjual lebih dari 18.000 unit mobil listrik sampai April 2012. Terdiri dari 13.000 Leaf dan 5.000 unit i-MiEV. Di A.S, penjualan mobil listrik terbesar dipimpin oleh Nissan Leaf yang terjual 11.796 unit sampai April 2012. Total penjualan mobil listrik di kawasan Eropa Barat adalah 11.563 unit pada tahun 2011, dengan pangsa pasar 0,1%. Lima negara dengan penjualan mobil listrik terbanyak adalah Perancis, Norwegia, Jerman, dan Inggris. Sampai bulan April 2012, Norwegia mempunyai 6.587 unit mobil listrik, jumlah terbesar di Eropa dan kepemilikan mobil listrik per kapita tertinggi di dunia. Total juga ada 5.579 unit kendaraan listrik terjual di Tiongkok tahun 2011, jumlah ini termasuk mobil penumpang dan kendaraan komersial.
Total ada 2.630 mobil listrik yang teregistrasi di Perancis pada tahun 2010. Pada tahun 2010, sekitar 1.200 unit mobil listrik jarak dekat terjual di Perancis. Penjualan mobil listrik di Perancis pada tahun 2011 dipimpin oleh Citroen C-Zero (645 unit), Peugeot iOns (639 unit), dan Bollore Bluecar (399 unit). Di Norwegia, pada tahun 2011 terjual 2.240 unit, naik dari 722 unit pada tahun 2010. Penjualan mobil listrik di Norwegia tahun 2011 dipimpin oleh keluarga Mitsubishi i-MiEV (1.477 unit) dengan rincian i-MiEV 1.050 unit, Peugeot iOn 217 unit, dan Citroen C-Zero 210 unit. Di Jerman , total 2.145 mobil listrik terjual pada tahun 2011, sehingga jumlah kendaraan listrik disana menjadi 4.541 unit. Penjualan mobil listrik di Jerman tahun 2011 juga dipimpin oleh keluarga Mitsubishi i-MiEV, dengan rincian i-MiEV 683 unit, Peugeot iOn 208 unit, dan Citroen C-Zero 200 unit. Jumlah ini setara dengan 50,6% penjualan mobil listrik tahun 2011.
Perkembangan Mobil Listrik Di Indonesia
Indonesia tidak ketinggalan mengambil bagian dalam memproduksi mobil listrik. Walaupun masih berupa purwarupa, mobil listrik buatan anak bangsa cukup menjanjikan. Saat ini telah ada 2 model yang diketahui, yaitu mobil listrik Ahmadi dan Tucuxi. Pada tanggal 20 Mei 2013 dilakukan uji coba bus listrik untuk APEC 2013 Oktober. Sampai sekaran bus listrik tersebut melayani transportasi publik di Yogya.Tanggal 6 Mei 2014 ITS menoreh rekor mobil listrik untuk dalam negeri dengan rincian jarak tempuh total 800 km, kecepatan rata-rata 120-130 km/jam serta setiap 8 jam dilakukan pengisian ulang selama 3 jam. Rute yang di tempuh adalah Jakarta-Bandung-Tasikmalaya-Purwokerto-Jogjakarta-Madiun-Surabaya.
No comments:
Post a Comment