Thursday, March 8, 2018

Kunci Ring (Box Wrench) dan Berbagai Macam Kunci Ring

Kunci ring adalah alat pengunci yang berbentuk ring dan terdapat sejumlah gigi pada bagian melingkarnya atau ringnya. Kunci ini lebih aman pada penggunaannya karena tidak slip pada saat digunakannya.

Kunci Ring (Box Wrench)

Beberapa kunci ring tangkainya dibuat menyudut. Kemiringan tangkai terhadap rahangnya 15⁰, ada pula yang dibuat 45⁰. Tujuan tangkai dibaut menyudut untuk memberi kebebasan tangan pada saat penggunaan.

Kunci Ring dengan tangkai kemiringan 15 dan 45

Selain itu tersedia pula kunci ring yang mempunyai sudut 0⁰ antara rahang dengan tangkainya.

Kunci ring 0 derajat

Rahang kunci ring tersedia dalam bentuk segi enam, segi dua belas, dan segi enam belas. Rahang kunci ring segi enam digunakan untuk beban berat, rahang kunci ring segi dua belas untuk pekerjaan sedang dan rahanh kunci ring segi enambelas untuk pekerjaan ringan.

Kunci ring segi enam, segi dua belas dan segi enambelas

Pada bagian melingkaranya di chamfer untuk memudahkan masuknya kepala baut/mur. Kunci ring terbuat dari baja kekuatan tinggi yang dikeraskan. Panjangnya bervariasi dari 4 inchi sampai 20 inchi sesuai ukuran kunci ring. Semakin besar ukurannya semakin panjang tangkai dan kunci ring.

Macam-macam Kunci Ring

a. Obstructing box wrench (kunci ring lengkung)

Obstructing box wrench (kunci ring lengkung)

Kunci ini digunakan untuk mengencangkan/mengendorkan baut dengan rintangan melengkung. Terutama digunakan untuk melepas baut. Kunci ring lengkung tersedia dalam bermacam ukuran dan bentuk.

b. Rb. Ratcheting box wrench (kunci ring gigigeser)

Rb. Ratcheting box wrench (kunci ring gigigeser)

Kunci ini digunakan untuk memtutar baut yang panjang dan terletak di tempat yang terbatas. Dengan gigi geser dapat memutar lebih cepat, karena kunci tidak dilepas dari bautnya. Arah putaran dapat diatur sesuai dengan penggunaan.

c. Flex headbox wrench (kunci ring kepala fleksibel)

Flex headbox wrench (kunci ring kepala fleksibel)

Pada bagian kepala kunci ini terdapat engsel yang berfungsi untuk memudahkan pemindahan posisi kunci pada saat pemindahan posisi kunci pada saat digunakan. Sering digunakan pada saat pemasangan atau pelepasan sambungan "universal joint flange" dimana posisi runag di atas kepala terbatas.

d. Flaren nut box wrench (kunci ring belah)

Flaren nut box wrench (kunci ring belah)

Terbuat dari baja "Chrome vanadium". Sudut rahang ring terdapat tangkai pemegang 10⁰. Kunci ini digunakan apabila kepala baut atau mur tidak dapat di jangkau oleh kunci ring biasa dan harus melalui celah rahang.

e. Special purpose box wrench (kunci ring khusus)

Special purpose box wrench (kunci ring khusus)

Kunci ring jenis ini dibuat untuk keperluan khusus dimana posisi baut/mur sulit dijangkau karena posisi penempatannya.

f. box wrench with extension tube (kunci ring dengan pipa memanjang)

box wrench with extension tube (kunci ring dengan pipa memanjang)

Kunci ring jenis ini sangat kuat. Sesuai digunakan pada kendaraan truk, traktor dan lain sebagainya.

Combination wrench (kunci kombinasi)

Combination wrench (kunci kombinasi)

Kunci kombinasi adalah gabungan dari kunci pas dan kunci ring. Biasanya kunci ini mempunyai ukuran yang sama pada kudua ujung rahangnya.

No comments:

Post a Comment