Monday, August 21, 2017

Proses Blow Molding (Pembuatan Botol) Proses Produksi 1

PROSES PRODUKSI 1

Proses Blow Molding (pembuatan botol)

Penjelasan :

                        DEFINISI BLOW MOLDING


Blow molding adalah proses penggembungan material thermoplastik menjadi bentuk berongga (hollow) atau mengikuti arah aliran parison dalam kondisi panas (suhu leleh material) berada didalam cetakan (mold) yang tertutup, sehingga pada akhir proses penggembungan dibantu dengan fluida tekan (gas) akan terbentuk profil material thermoplastik yang sesuai dengan cetakan (mold), dengan ketebalan dinding yang uniform dan fokus perhatian adalah lebih diberikan pada bagian outside dari produk komponen yang dihasilkan.

Tahapan utama dari proses blow molding bisa dijelaskan secara singkat sebagai berikut:

  1. Material thermoplastik dipanaskan sampai keadaan lelehnya tercapai
  2. Selanjutnya lelehan diekstrusi melalui die head untuk membentuk tube berongga (hollow) yang biasa di kenal sebagai PARISON
  3. Parison lalu dijatuhkan diantara dua bagian cetakan yang melingkar yang selanjutnya digelembungkan dengan fluida pendorong (gas,udara dll).
  4. Lelehan thermoplastik selanjutnya akan mengalami pengerasan karena proses pendinginan yang diberikan oleh cetakan (mold).
  5. Setelah tercapai waktu pendinginan optimum maka cetakan (mold) akan terbuka dan produk akhir terjatuh akibat gaya gravitasi atau penggerak otomatis lainnya.

Produk utama yang dihasilkan melalui teknik blow molding adalah botol plastik yang selanjutnya bisa diproduksi dengan berbagai macam plastik yang berbeda disesuaikan dengan properties yang diharapkan yang diharapkan dan menggunakan metode yang berbeda-beda namun yang paling banyak diaplikasikan oleh dunia industri meliputi:
  1.  Ekstrusi Blow Molding
  2.  Injeksi Blow Molding
  3.  Strech Blow Molding
  4.  Reheat Blow Molding

 

 Gambar 1. Proses Pembuatan botol (blow molding)


Gambar 2. Mold (cetakan dari botol pocari sweet)


Sekian dari saya artikel ini semoga bermanfaat bagi yang membacanya sekian dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment