Tuesday, August 22, 2017

Proses Injection Molding

Injection Molding


Injection molding adalah metode pembentukan material termoplastik dimana material yang meleleh karena pemanasan diinjeksikan oleh plunger ke dalam cetakan yang didinginkan oleh air sehingga mengeras. Meskipun banyak variasi dari proses dasar ini, 90 persen injection molding adalah memproses material termoplastik. Injection molding mengambil porsi sepertiga dari keseluruhan resin yang dikonsumsi dalam pemprosesan termoplastik. Sekarang ini bisa dipastikan bahwa setiap kantor, kendaraan, rumah, pabrik, terdapat barang-barang dari plastik yang dibuat dengan cara injection molding, misalnya: pesawat telepon, printer, keyboard, mouse, rumah, lampu mobil, dashboard, reflektor, roda gigi, helm, televisi, sisir, roda furnitur, telepon seluler, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Mesin Injection Molding

Keuntungan dan Kerugian Injection molding

Keuntungan menggunakan mesin cetak injeksi:
a. Produk dapat dibuat dalam jumlah massal.
b. Produk dapat dibuat dalam ukuran besar.
c. Biaya produksi per satuan produk relatif murah.
d. Proses dapat dibuat otomatik atau komputerisasi.

Kerugian menggunakan mesin cetak injeksi:
a. Persaingan antar pabrik menghasilkan keuntungan yang terbatas.
b. Biaya pembuatan cetakan relatif mahal.
c. Harga mesin dan perlengkapannya mahal.
d. Pengendalian proses rentan terhadap kerusakan.

Jenis- jenis mesin injection molding

1. Berdasarkan metode pencekaman cetakan
     1. pencekaman toggle
     2. pencekaman hidraulik

2. Berdasarkan proses pelelehan bijih plastik
     1. singgle-stage plunger
     2. two-stage screw-plunger
     3. single-stage reciprocating-screw

3. Berdasarkan tonase - Mesin injection molding dibedakan berdasarkan besarnya gaya pencekaman maksimum yang bisa diberikan. Kisarannya mulai dari 5 ton untuk menghasilkan produk seberat 10 gram sampai dengan 5000 ton untuk menghasilkan produk seberat 50 kilogram.


Proses Injeksi Plastik


1. Material Input

Memasukan bahan baku dalam hal ini berupa resin/bijih plastik kedalam tangki penampang.

2. Mixing Material

Proses pencampuran material murni abs dan material daur ulang/regrind.

3. Dryer

Mengeringkan material sebelum dikirim ke mesin injection, karena jika material mengandung air maka part-nya akan cacat.

4. Injection

Material yang sudah dikeringkan di dryer akan dikirim untuk ditampung di mini hopper untuk selanjutnya material bijih plastik akan dirubah ke bentuk cairan oleh heater. Setelah berubah menjadi bentuk cair material akan di dorong oleh screw hingga mengisi celah-celah didalam mold yang memang didesain sesuai bentuk part dengan tekanan tinggi. Setelah jadi bentuk part mold akan membuka kemudian ejector akan mendorong part yang menempel di core side mold.

5. Finishing.

Hasilnya akan diletakan di conveyor hingga part akan di check oleh operator dan dilakukan pemotongan runner/sprue.

6. Crusher

Penghancuran part-part hasil produksi yang tergolong cacat, akan dimasukan kedalam mesin penghancur hingga part akan menjadi serbuk plastik kasar yang disebut regrind yang nantinya akan dicampurkan dengan material murni.

Proses Injeksi Plastik


Pressure die casting (injection molding)

Pressure die casting merupakan salah satu proses pengecoran yang cepat, dimana proses pengecoran dilakukan pada mesin penekan yang akan menekan logam cair kedalam cetakan, mesin ini juga dilengkapi dengan bagian yang dapat membuka dan menutup cetakan untuk memudahkan dalam melepaskan hasil cetakan dari benda tuangan. Tentu saja akurasi tinggi, namun kemudian proses ini hanya cocok digunakan pada proses pengecoran benda-benda yang berukuran kecil dimana ukuran kapasitas mesin yang biasanya terbatas serta tidak dapat dilakukan pada semua jenis bahan logam tuangan dan sangat baik digunakan dalam pengecoran bahan paduan seng (zinc base alloy).

Pressure die casting (injection molding)
Gambar illustrasi diatas yang memperlihatkan prinsip kerja pengecoran dengan metode pressure die casting. Proses pengecoran dengan pressure die casting (injection moulding) dilakukan dengan langkah-langkah sebagai mana pada gambar illustrasi antara lain:
  • Pemasangan dan penyesuaian kedudukan die pada mesin injeksi (injection moulding machine).
  • Penyetelan posisi dari kedua bagian dies yang biasanya dalam pembentukan bagian luar dari dies diberi tanda penyesuaian antara keduanya.
  • Proses Injeksi yakni memasukan bahan tuangan (logam cair) ke dalam rongga cetakan.
  • Tekanan dihentikan jika lubang-lubang saluran dibelakang telah terisi melepaskan tekanan dengan menggeser bagian cetakan (moving platen).
  • Benda tuangan dapat dikeluarkan.
Sekian dari saya tentang Injection molding, Semoga bermanfaat bagi yang membacanya dan terimakasih telah melihat artikel ini.

4 comments:

  1. I have been checking out a few of your stories and i can state pretty good stuff. I will definitely bookmark your blog plastic mold maker

    ReplyDelete
  2. i have been adjust part no good to part ok

    ReplyDelete
  3. Plastic Injection moulding is a production method that can deliver any number of plastic goods. It is a process that is used in producing great numbers of the same product. 2k injection molding

    ReplyDelete
  4. You there, this is really good post here. Thanks for taking the time to post such valuable information. Quality content is what always gets the visitors coming. low volume injection molding

    ReplyDelete