Thursday, June 8, 2017

Konstruksi Mesin Bensin Bagian Utama Komponen dan Sistem di Mesin Bensin

Sebuah mesin bensin dapat dibagi menjadi 2 bagian utama, yaitu:
  • mesin itu sendiri, yang terdiri atas blok silinder, kepala silinder, piston, batang piston, poros engkol, poros cam bak oli, roda penerus (roda gila) mekanisme katup, dan bagiannya.
  • kelengkapan-kelengkapan mesin, yang terdiri atas sistem pelumasan, sistem pendinginan, sistem bahan bakar, sistem pembuangan, dan sistem kelistrikan
    Gambar 1.5 memperlihatkan bagian-bagian mesin bensin dalam sudut pandangan: kiri, kanan, depan, dan belakang.

empat sudut pandangan pada bagian luar mesin
Gambar 1.5 Empat sudut pandangan pada bagian luar mesin


Bagian Utama Dari Mesin

I.   Kel. Kepala Silinder      IV. Kel. Samping kiri Mesin
II.  Kel. Blok Silinder         V.   Kel. Samping Kanan Mesin

Bagian utama dari Mesin
I.       1.    Mekanisme Katup
                  1.1. Perkatup/Spring
                  1.2. Poros Katup/Rocker Shaft
                  1.3. Pelatuk/Rocker Arm
                  1.4. Katup/value
                  1.5. Poros hubungan/Camshaft
                  1.6. Puli/Fulley Camshaft
          2.    Kepala Silinder
                  2.1. Oil Channel (Saluran/lubang oli)
                  2.2. Water Channes (Saluran/lubang air)
                  2.3. Combustion Chamber (Ruang bakar)

II.     1.     Blok Silinder
         2.     Water jacket/Mantel air
         3.     Piston dan Batang Piston
                 (Piston dan Connecting Rod)
         4.     Cap (Connecting Rod)
         5.     Poros engkol

III.    -  Panci oli/Carter
         -  Pompa oli/Oli caimp
         -  Saringan kasar oli (Oil Straher)

IV.    4.     Kel. Samping kiri Mesin
         4.1.  Sistem pembuangan > Knalpot
         4.2.  Busi < kabel Busi
         4.3.  Oil Filter/Saluran oli

V.      5.    Alternator IC Regilator
         5.1.  Alternator IC Regilator
         5.2.  Sistem Pemasukan Udara ( intake system )
         5.3.  Injector Assy
         5.4.  Oil Filter (Saringan Oli)


Komponen Dalam (Internal Parts) Di Kepala Silinder

Terdiri dari beberapa komponen yaitu :
1.    Mekanisme Katup
        1.1.  Puli Camshaft
        1.2.  Chamshaft
          1.2.1. Cam Intake
          1.2.2. Cam Exhaust
        1.3.   Intake Value
        1.4.   Exhaust Value
2.    Kepala Silinder
        2.1. Combustion Chamber (Ruang bakar)
        2.2. Spark Plug hole (lubang Busi)


Komponen Dalam (Internal Parts) Di Blok Silinder

Terdiri dari beberapa komponen:
3.     Silinder
         3.1. Titik Mati Atas (Top Death)
         3.2. Dinding Silinder (Cylinder Wall)
         3.3. Titik Mati Bawah (Botton Death Centre)
4.     Piston
         4.1. Ring kompresi, ada 2 jalur ring
         4.2. Ring oli, ada 1 jalur ring
5.     Batang Piston (Connecting Rod)
         5.1. Lingkaran kecil (Small End)
         5.2. Lingkaran Besar (Big End)
6.     Tutup lubang Piston (Bearing Cap)
7.     Poros engkol (Crankshaft)
         7.1. lengan poros (Crankarm)
         7.2. poros utama (MainShaft)
         7.3. poros jurnal (Crank Jurnal)
         7.4. ujung depan poros (Front End)
         7.5. ujung belakang poros (Back End)

Komponen Pendukung Mesin

Terletak disisi kanan dan sisi kiri blok Mesin

Komponen pendukung Mesin

8.    Panci oli ( Carter/Oil pen)
       8.1. Rumah pompa oli (Housing oil pump)
       8.2. Saringan oli kasar (Oil Strainer)
       8.3. Separator

Komponen luar (External parts) di depan Blok Mesin

terdiri dari:
  1.  Puli pompa Air dan pompa airnya
  2.  Tensioner
  3.  Puli Alternator dan Aternator
  4.  Puli kemudi daya dan pompa kemudi daya
  5.  Puli kompresor AC dan kompresor AC
  6.  Puli poros engkol
  7.  Radiator
  8.  Kipas Mesin
  9.  Rumah thermostat
  10.  Selang atas radiator dan selang bawah radiator

Komponen luar (External parts) di belakang Mesin

1.   Roda gila (Flywheel)

Sistem yang terdapat di Mesin

Mesin tediri 4 kelompok bagian utama :
  1.  Bagian/kelompok kepala silinder (Cylinder Head)
  2.  Bagian/kelompok Blok Silinder (Cylinder Block)
  3.  Bagian/kelompok panci oli (Oil pan/Carter)
  4.  Bagian/kelompok kelistrikan Mesin (Engine Electrical)
Sistem adalah suatu bagian kerjasama antara komponen, yang memberikan hasil/kinerja tertentu.
- Berikut sistem terdapat di kepala silinder yaitu:
  1.  Sistem Mekanisme katup > poros bubungan (poros tonjolan/cam)
  2.  Sistem bahan bakar bensin > ruang bakar
  3.  Sistem masukan udara > udara + bensin
  4.  Sistem buangan bensin udara bekas > Knalpot
- Berikut sistem yang terdapat diblok silinder yaitu:
  1.  Sistem pelumasan > aliran oli di mesin
  2.  Sistem pengapian > busi dan kebel busi, Distributor.
  3.  Sistem putaran - putaran
  4.  Sistem pendinginan
- Berikut Sistem yang terdapat di panci oli yaitu :
  1.  Sistem Pompa oli > Pump oil
                gambar kelompok Mesin
gambar kelompok mesin
 - Komponen - komponen sistem pelumas di Mesin:
  1.  Pompa oli
  2.  Saringan oli kasar/pendahuluan dekat pompa oli
  3.  Saringan oli halus diluar Mesin
  4.  Penampung oli/panci oli/carter
  5.  Saluran - saluran oli di tiap bagian mesin
- Komponen - komponen sistem pengapian di Mesin:
  1.  Busi dan kabel Busi serta kepala busi
  2.  Distributor lengkap
  3.  Koil pengapian
  4.  Aki (Accumulator/Baterai
  5.  Kunci kontak
  6.  Skering
  7.  Kabel penghubung
- Komponen - komponen sistem pendinginan di Mesin
  1.  Pompa oli
  2.  Selang air atas dan bawah
  3.  Thermostat dan rumahnya
  4.  Radiator
  5.  Panel temperatur air
- Komponen - komponen sistem putaran poros engkol
  1.  Poros engkol
  2.  Metal jalan
  3.  Metal duduk
  4.  Puli poros engkol
  5.  Roda gila
  6.  Piston
  7.  Batang piston
  8.  Silinder piston
  9.  Ring piston
- Komponen - komponen sistem mekanisme katup, yaitu:
  1.  Puli poros cam (Poros bubungan)
  2.  Poros cam (Poros bubungan)
  3.  Tonjolan
  4.  Pelatuk (Rocker Arm)
  5.  Perkatup
  6.  Katup hisap
  7.  Katup buang
  8.  Pertatuk
- Komponen - komponen bahan bakar bensin > jenis karburator :
  1.  Tangki
  2.  Saluran/selang
  3.  Pompa hisap
  4.  Saringan bahan bakar
  5.  Karburator
  6.  Saluran hisap
- Komponen - komponen sistem masukan dan buangan bensin :
  1.  Saringan udara dan rumahnya
  2.  Saluran hisap
  3.  Saluran buang
  4.  Tabung Knalpot
  5.  Knalpot


Konstruksi Mesin Bensin

konstruksi Mesin bensin

 Internal komponen merupakan komponen utama pembentukan Mesin dan melakukan proses kerja mesin.

Konstruksi Mesin bensin
Kelompok kerja
 Terdiri dari:
  1.  Kopling ( Clutch)
  2.  Transmisi ( Transmission )
  3.  Poros propeller ( Propeller shaft)
  4.  Differensial/Gardan
  5.  Poros roda kiri dan kanan
  6.  Roda ( depan + belakang )
  7.  Rem ( depan + belakang )
  8.  Ban luar + ban dalam
Kelompok Kelistrikan Mesin 
 Terdiri dari :
  1.  Baterai ( Accumulator )
  2.  Kabel positif (Merah) dan kabel negatif (Hitam/masa)
  3.  Kotak sekering
  4.  Distributor lengkap
  5.  Koil pengapian
  6.  Busi dan Kepala busi
  7.  Aternator dan regulator
Kelompok Kelistrikan rangka 
 Terdiri dari :
  1.  Lampu utama Jarak dekat dan jauh
  2.  Lampu seri
  3.  Lampu sen
  4.  Lampu rem
  5.  Lampu panel instrumen
  6.  Lampu aksesoris
  7.  Wiper (Penghapus kaca)
  8.  Washer (Penyemprot air dikaca)

No comments:

Post a Comment