Thursday, June 22, 2017

Pengertian dan Cara Kerja Kendaraan Hybrid (Hibrida) Car

Kendaraan hibrida (hybrid) adalah kendaraan yang menggunakan dua atau banyak sumber tenaga untuk menggerakan kendaraan tersebut. sebutan ini lebih umum merujuk pada kendaraan listrik hibrida (HEV) yang menggabungkan sebuah mesin pembakaran dalam dengan satu atau banyak motor listrik.

Kendaraan listrik hibrida (hybrid elecric vehicle (HEV) adalah jenis kendaraan hibrida dan kendaraan listrik yang menggabungkan sistem daya gerak mesin pembakaran dalam konvensional dengan sistem daya gerak listrik. Keberadaan powertrain bertujuan untuk meraih penghematan bahan bakar atau performa yang lebih baik dari pada kendaraan konvensional. Berbagai jenis HEV yang paling umum adalah mobil listrik hibrida, meski truk (pick up dan traktor) dan bus listrik hibrida juga tersedia.

Mesin Hybrid Car

Hybrid Car atau sering disebut mobil hibrida mobil paduan antara mesin bensin/solar dengan motor listrik. Hybrid Car/mobil Hibrida memiliki banyak keunggulan. Dari segi bahan bakar Hybrid Car/mobil hibrida  memiliki efisiensi yang tinggi sehingga penggunaan bahan bakarnya menjadi lebih hemat. Dari segi gas buang Hybrid Car/mobil hibrida emisi gas buang yang lebih baik dibandingkan mobil lainnya. Dari segi mesin, walaupun pada mesin Hybrid Car/mobil hibrida ternyata lebih baik dibandingkan mesin lainnya. Akan tetapi mesin pada Hybrid Car/mobil hibrida ternyata lebih baik dibandingkan mesin bahan bakar lainnya. Dari segi kenyamanan Hybrid car/mobil hibrida tingkat getaran dan suara yang rendah.

Kini beberapa perusahaan mobil di dunia memproduksi Hybrid Car/mobil hibrida. Bahkan Hybrid Car/mobil hibrida dirancang pada kendaraan besar seperti truk. Perusahaan mobil contohnya Toyota, Daihatsu, BMW, Mercedes ben, Jaguar, Madza dan lain-lain. Sedangkan perusahaan truk ada Volvo.

Komponen - komponen Hybrid Car

Komponen-Komponen Hybrid Car





Cara Kerja Mesin Hybrid

Start Awal


  • Ketika mobil dijalan mobil dijalankan pertama kali (start) di gunakan motor listrik yang memperoleh energi dari baterai. Sementara mesin bensin tetap mati. Mesin bensin tidak menghasilkan torsi tinggi pada putaran rendah.
  • Mesin bensin tidak efisien pada putaran rendah. Dilain hal pada putaran rendah motor listrik bisa menghasilkan torsi besar dan berkerja dengan efisiensi tinggi. Karena itulah mobil hybrid menggunakan listrik untuk memutar motor listrik yang disimpan dibaterai untuk menjalankan pada saat start atau jalan pelan.

Start awal hybrid car

Kondisi Kecepatan Normal

  • Motor listrik sebagai penggerak utama, sementara mesin bahan bakar hanya sekali-kali saja membantu.
  • Baterai memberikan energi listrik kepada motor listrik, motor listrik menggerakan roda mobil dan mesin bahan bakar terkadang membantu penggerakan roda mobil.
Kondisi Kecepatan Normal Hybrid Car

Kondisi Kecepatan Tinggi

  • Motor listrik dan Mesin bahan bakar secara bersamaan berkerja untuk menghasilkan tenaga gabungan yang besar.
  • Baterai memberikan energi listrik kepada motor listrik untuk menggerakkan roda mobil, begitu juga mesin bahan bakar secara bersamaan menggerakkan roda mobil.
Kondisi Kecepatan Tinggi Hybrid Car

 Kondisi Deselerasi/Saat Pengereman

  • Motor listrik dalam kondisi mengisi ulang Baterai sehingga disebut generator kedua. sementara mesin bahan bakar berhenti berkerja. Roda mobil memutar motor listrik yang merubah fungsi sebagai generator kedua untuk menghasilakan energi listrik untuk mengisi ulang baterai.
Kondisi Deselerasi/saat Pengereman Hybrid Car
Kesimpulan:
Pada dasarnya Hybrid Car/mobil hibrida adalah mobil yang hampir sempurna karena Hybrid Car/mobil hibrida memiliki banyak keunggulan, seperti bahan bakar yang hemat, getaran dan suara yang kecil, ramah lingkungan, perawatan yang mudah, dan lain-lain.

Sekian dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca otomotif terimakasih telah membaca.

No comments:

Post a Comment